Penyakit Malaria dan Obat Malaria Tradisioanal

Penyakit Malaria dan Obat Malaria Tradisioanal - Hallo sahabat INFO KESEHATAN, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Penyakit Malaria dan Obat Malaria Tradisioanal, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Hidup Sehat, Artikel Obat, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Penyakit Malaria dan Obat Malaria Tradisioanal
link : Penyakit Malaria dan Obat Malaria Tradisioanal

Baca juga


Penyakit Malaria dan Obat Malaria Tradisioanal

http://hidupsehat-baru.blogspot.com/2016/05/penyakit-malaria-dan-obat-malaria.html
Penyakit Malaria dan Obat Malaria Tradisioanal-Penyakit Malaria merupakan penyakit mematikan yang disebabkan oleh infeksi pada sel darah merah. Dimulai dengan gigitan nyamuk betina yang disebut anopheles, nyamuk betina inilah yang akan membawa parasit plasmodium. kemudian, parasit tersebut akan berkembang biak semakin banyak dan dapat berserang di hati. Maka dari itu penyakit ini disebut dengan penyakit mematikan karena bila seseorang yang terkena gigitan nyamuk ini dan tidak ditangani dengan benar dan semestinya maka akan membahayakan dan menimbulkan kematian.

Salah satu sumber publikasi juga pernah menjelaskan bahwa penyakit malaria telah menjadi masalah serius di 100 negara didunia  ini. dan bahkan menimpa sekitar 2 juta penduduk sebagai korban dari nyamuk ini. Menurut data juga disebutkan bahwa dalam kurun waktu setahun korban dari nyamuk malaria ini mencapai 300 juta penduduk, dan faktanya 90% dari jumlah ini sebagian besar ada di Negara tropis di Afrika.
Penderita dari gigitan nyamuk malaria ini sperti anak-anak, balita,dan juga orang dewasa dapat terserang penyakit ini. Apa saja bahaya dari penyakit malaria secara umum?

Bahaya penyakit malaria :

  1. Kelemahan pada tubuh anda , sehinga anda tidak dapat beraktivitas seperti biasanya. 
  2. Perkembangan otak anda juga dapat terganggu , terutama pada anak-anak, dan bayi. 
  3. Dapat menyebabkan kematian
Karena hal itulah penyakit malaria ini harus ditangani dan diobati serta kita juga harus menjaga kebersihan dan mencegah agar jenis nyamuk ini tidak berkembang biak. Bagaimana cara mencegah malaria?

Cara mencegah penyakit malaria :

  1. Anda dapat menggunakan lotion anti nyamuk, kuhusunya pada saat nyamuk anopheles ini mulai aktif yakni pada malam hari. 
  2. Memasang jaring/kasa anti nyamuk dilubang-lubang fentilasi jendela rumah anda agar nyamuk tidak dapat masuk  kedalam rumah.
  3. Memakai pakaian dengan lengan panjang dan tertutup serta berwarna cerah
  4. Anda dapat menggunakan obat nyamuk.
  5. Memasang kelambu pada saat anda akan tidur sehingga anda dapat tidur dengan nyaman tanpa harus khawatir digigit nyamuk ini.
  6. Menanam tanaman yang tidak disukai nyamuk seperti geranium, zodia, serai wangi, jeruk, lavender, akar wangi, rosemary, citosa mosquito dan kecombrang. 
  7. Hindari daerah endemis malaria terutama jika anda dalam kondisi yang rentan (Hamil, balita, sistem kekebalan tubuh yang menurun dan lanjut usia).
  8. Menyingkirkan dan menutup semua genangan air, yang memungkin kan berpotensi menjadi sarang jentik-jentik nyamuk ini.
  9. Rajin lah dalam membersihkan dan menguras bak mandi serta menabur serbuk abate dengan tujuan membasmi jentik-jentik nyamuk
diatas merupakan cara pencegahan agar kita terhindar dari penyakit melaria ini, kemudian bagaiman jika kita telah terkena gigitan nyamuk ini dan terserang penyakit malaria ini. Bagaiman gejalanya agar dapat ditangani dengan cepat?

    1. Kurang enak badan, kepala terasa berat dan terkadang terasa pusing.
    2. Nafsu makan menjadi berkurang dan  lidah terasa pahit jika kita makan 
    3. Perut menjadi sering merasa mual dan ingin muntah.  
    4. Suhu badan naik kadang hingga 40 derajat celcius melalui tiga tingakatan ( tingkatan menggigil kira kira 30 – 60 menit, tingkatan panas kira-kira 3 – 4 jam dan tingkatan berkeringat kira-kira 2 – 4 jam.
    5. Limpa menjadi bengkak dan bila anda pijit akan terasa sakit.  
    6. Muka anda akan terlihat pucat hal ini disebabkan karena berkurangnya sel darah merah.
    jika penderita mengalami gejala-gejala seperti diatas, bisa disimpulkan penderita tersebut terkena penyakit malaria , kemudian hal yang paling penting adalah cara penangananya agar penderita cepat membaik dan dapat pulih kembali.  



    1. Baringkan dan selimutilah penderita dengan selimut tebal / kain panas pada saat serangan menggigil mulai datang.
    2. Kemudian kompres kepalanya dengan air dingin yang dicampur dengan gilingan daun dadap srep, adas dan pulosari.
    3. Usahakan agar penderita setiap hari memperoleh sayuran ( daun bayam, daun singkong, daun kelintang, potroseli) dan buah-buahan yang masak tua di pohon seperti pepaya, jeruk, jambu monyet dan nanas.
    4. Bila limpa terasa sakit maka kompres dengan air panas yang dimasukkan ke dalam botol. Usahakan supaya penderita sering mandi dengan air panas / berendam dengan air hangat.

    Daun pepaya

    Penyakit Malaria dan Obat Malaria Tradisioanal
    Daun Pepaya



    Daun Pepaya menjadi tanaman yang banyak khasiat dan bermanfaat bagi kesehatan rasanya yang pahit namun nikmat ini juga dapat berguna sebagai salah satu obat tradisional yang berguna sebagai obat penyakit malaria. Sebagian besar dari penderita penyakit malaria ini juga telah membuktikannya. Caranya anda tinggal merebus daun pepaya ini dengan air kemudian air tadi dapat diminum. Jangan lupa konsumsi dengan rutin.


    Tanaman mimba
    Penyakit Malaria dan Obat Malaria Tradisioanal
    Daun Mimba


    Cara mengobati penyakit malaria yang kedua yaitu menggunakan daun mimba. Daun mimba ini tergolong dalam tanaman perdu yang mana banyak sekali terdapat di india. Dalam pengobatan malaria menggunakan daun mimba ini terdapat 2 cara yaitu pengobatan dalam dan pengobatan luar. Pengobatan dalam, caranya yaitu dengan menyiapkan batang mimba sebesar ukuran jari tangan kemudian cuci bersih dan rebus dengan air sebanyak 500 cc lalu biarkan mendidih hingga tersisa 250 cc saja. Kemudian anda bisa saring airnya lalu diminum sehari dua kali.

    Untuk cara pengobatan malaria di bagian luar yaitu dengan menggunakan beberapa helai daun mimba cuci bersih lalu anda bisa rebus daun mimba tersebut hingga mendidih. Setelah air daun mimba mendidih. Setelah itu campurkan air rebusan tersebut kedalam bak mandi lalu air bak mandi yang sudah tercampur dengan air rebusan daun mimba ini bisa anda gunakan untuk mandi 2 kali sehari dan itu akan menjauhkan anda dari penyakit malaria.

    Tanaman sidaguri
    Penyakit Malaria dan Obat Malaria Tradisioanal
    Tanaman Sidaguri


    Tanaman sidaguri memang sangat terkenal sebagai obat asam urat namun selain itu ternyata sidaguri bisa digunakan untuk obat malaria.

    Caranya yaitu dengan menyiapkan daun dan bunga sidaguri lalu rebus bersama dengan air sebanyak 250 cc dan biarkan mendidih hingga tersisa setengahnya. Kemudian anda saring dan biarkan dingin dan setelah itu bisa langsung anda minum.Jangan lupa setelah 3 hari anda mengkonsumsi obat malaria alami ini anda sebaiknya melakukan tes darah untuk mengetahui efektifitas obat pada tubuh anda. Nah demikian cara mengobati penyakit malaria dengan bahan-bahan alami yang sangat mudah dan ampuh.

    Jeruk nipis
    Penyakit Malaria dan Obat Malaria Tradisioanal
    Jeruk Nipis

    Jeruk nipis juga menjadi salah satu obat alami yang dapat digunakan sebagai tanaman obat yang bermanfaat mengobati penyakit malaria. Cara penggunaanya pun juga sangat mudah yakni hanya dengan mencampurkan jeruk nipis dangan kecap dan juga garam yang sedikit, kemudian bisa langsung anda minum.

    Cara ini sudah erbukti dan banyak dilakukan bagi para penderita penyakit malaria ini. Jadi lakukan hal ini secara rutin dan juga teratur agar penyakit malaria yang diderita pun akan dapat sembuh dengan cepat pula. Jika anda melakukan cara ini, cara ini tergolong aman bagi anda coba karena tidak akan membuat efek samping karena penggunaannya pun dari bahan alami dan tradisional. Dan ingat jangan mencampurkan bahan-bahan yang lainya kedalamnya. Karena penyakit malaria ini berbahya dan juga mematikan alangkah lebih baiknya anda menjaga kesehatan dan juga melakukan penjegahan.

    Bunga kenanga
    Penyakit Malaria dan Obat Malaria Tradisioanal
    Bunga Kenanga



    Bunga kenanga ini juga dapat digunakan sebagai obat bagi anda yang menderita penyakit malaria ini. Memang kebanyakan orang belum tau manfaat dari bunga kenanga ini, atau bahkan masih ada yang belum tau bunga kenanga itu seperti apa. Bunga kenanga ini dapat anda gunakan sebagai salah satu obat malaria yang juga manjur. Cara ini juga telah dilakukan bagi para penderita penyakit malaria ini. bagaimana caranya? 

    Caranya hanya dengan cara merebus bunga kenanga tersebut yang telah dibersihkan dan pastikan benar-benar bersih dan kemudian direbus , setelah direbus hasil rebusan tadi bisa anda konsumsi atau diminum. Anda dapat melakukan cara ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

    Tanaman Sambilata 
    Penyakit Malaria dan Obat Malaria Tradisioanal
    Tanaman Sambilata

    sambilata merupakan jenis tanaman obat yang memiliki daun yang yang dapat digunakan sebagai obat dan dapat menjadikan pengobatan alami bagi kita. Tanaman ini biasanya yang dimanfaat kan adalah daunnya dan biasanya di gunakan sebagai jamu tradisional yang sangat bermanfaat. Taukah anda jika tanaman ini dapat digunakan sebagai obat malaria yang juga manjur. 

    Bagaimana cara pembuatannya? caranya sangat sederhana anda dapat mencuci sambilata sebanyak setengah genggam kemudia cuci bersih , kemudian rebus dengan dicampurkan air beras 3 gelas dan tunggu hingga kira kira air rebusannya menjadi 3/4 gelas. kemudian bisa disaring dan diminum secara rutin 3 kali sehari. Karena daun yang dihasilkan tanaman ini sangat pahit anda dapat mencampurnya dengan 2 sendok madu agar tidak terlalu pahit.

    Serbuk Biji Mahoni 
    Penyakit Malaria dan Obat Malaria Tradisioanal
    Biji Mahoni

    Biji mahoni ternyata juga sangat baik dan manjur dalam pengobatan penyakit malaria ini. Rasa yang dihasilkan pada biji mahani ini pun sangat pahit seperti halnya tanaman sambilata. Makanya dalam mengkonsumsinya anda dapat mencampurnya dangan 1 sendok makan madu agar tidak terlau pahit. Jika anda ingin mencobanya caranya sangat mudah. Anda tinggal menyiapkan saja serbuk biji mahoni kira kira 1/2 sendok teh,air panas, dan madu 1 sendok makan.

    Pembuatannya anda tinggal menyeduk serbuk biji mahoni tadi dengan air panas kemudia dicampur dengan madu lalu aduk hingga tercampur rata. Setelah itu dalam keadaan hangat anda dapat meminumnya. Agar mendapatkan hasil yang maksimal dan penyakit malaria cepat disembuhkan, anda dapat mengkonsumsinya 3 kali dalam sehari. 

    Demikian merupakan pengertian tentang penyakit malaria dan juga obat tradisional yang sangat ampuh untuk mengobatinya semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Kritik dan saran sangat berguna demi kemajuan blog saya ini Info Kesehatan.



    Demikianlah Artikel Penyakit Malaria dan Obat Malaria Tradisioanal

    Sekianlah artikel Penyakit Malaria dan Obat Malaria Tradisioanal kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

    Anda sekarang membaca artikel Penyakit Malaria dan Obat Malaria Tradisioanal dengan alamat link https://infosehat-95.blogspot.com/2016/05/penyakit-malaria-dan-obat-malaria.html

    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Penyakit Malaria dan Obat Malaria Tradisioanal"

    Posting Komentar