Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan dan Kecantikan - Hallo sahabat INFO KESEHATAN, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan dan Kecantikan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Buah Sehat, Artikel Kecantikan, Artikel Obat, Artikel Tips sehat, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan dan Kecantikan
link : Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Baca juga


Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan
Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan


Asamjawa memiliki nama latin Tamarindus indica dan termasuk dalam keluarga Fabaceae. Pohon asam jawa sebenarnya bukan berasal dari pulau jawa melainkan berasal dari Negara Afrika, dan di Indonesia dahulu pohon ini ditanam hanya sebagai pohon perindang di tepi jalan. Tingginya bisa mencapai 25 meter.


Buah asam jawa menjadi salah satu syarat bagi orang Indonesia untuk menambahkan cita rasa pada masakannya karena asam jawa ini lebih banyak digunakan bagi kebanyakan orang Indonesia sebagai bumbu masakan. Bukan hanya itu saja kebanyak orang juga telah mengetahui manfaat dari buah asem jawa ini misalnya sebagai obat tradisional seperti batuk, mengobati sariawan, luka, eksim dan mengatasi gigitan serangga. Sementara daunnya digunakan untuk mengobati demam.

Buah asam jawa memiliki kulit buah berwarna coklat, dan mempunyai daging buah putih namun jika sudah masak maka daging buah tadi akan berubah menjadi warna coklat. Yang paling sering digunakan adalah daging buah yang sudah masak. Biasanya jika ingin buah asam jawa ini tahan lama maka harus dikeringkan dahulu, maka daging buah yang tadi berwarna cokelat tersebut juga akan berubah menjadi warna hitam bias disebut sebagai asam kawak.

Pada Daging buahnya ini banyak mengandung bermacam-macam zat asam, diantaranya asam tatrat, malat, sitrat, suksinat, dan asetat. Zat asam ini sangat berkhasiat sebagai pencahar, untuk melancarkan buang air besar dan peredaran darah. Sementara kandungan flavonoid yang terdapat pada daunnya menjadikan daun asam jawa ini sebagai antiradang dan menghilangkan rasa sakit.

Buah asam ini sangat mudah ditemukan karena yang sudah dikemas secara cantik saja sudah banyak dijual di pasaran dengan harga yang terjangkau. Anda juga bisa mengolah buah asam langsung saat masih segar meskipun rasanya akan sangat asam. 

Manfaat buah asam jawa untukkecantikan dan kesehatan

Buah asam yang sebenarnya sudah orang terdahulu ketahui manfaatnya sebagai obat tradisional dan sangat cocok sebagai bumbu masakan orang Indonesia. Namun masih banyak dari kita khususnya bagi orang yang hidup dizaman sekarang agak menyepelekan dengan buah asam jawa ini.  
Berikut manfaat asam jawa untuk kesehatan anda :

              1.     Mengobati penyakit eksim

Eksim adalah salah satu penyakit kulit yang terjadi gangguan pada jaringan kulit sehingga muncul ruam dan juga nanah di permukaan kulit. Penyakit ini lebih sering menyerang anak-anak karena kurang akan kesadaran mengenai kebersihan. Disini peran dari asam jawa ini sangat bermanfaat untuk mengatasi penyakit ini . jika anda ingin membuat obat herbalnya pun sangat mudah caranya siapkan segenggam buah asam dan juga temulawak serta gula jawa. Kemudian ketiga bahan tersebut ditumbuk (tidak perlu terlalu halus) kemudian bias langsung direbus. Setelah rebusan tadi matang kemudian saring dan minum airnya secara rutin dua kali sehari. Pengobatan ini berguna sebagai pengobatan dalamnya . Tapi jika anda ingin melakukan pengobatan dari luarnya sekalian maka anda cukup menyiapkan daun asam dengan kunyit lalu tumbuk dan oleskan tumbukan tersebut pada bagian eksim. Kedua cara tersebut bias anda lakukan secara rutin agar hasilnya juga maksimal.

2.      Mengatasi penyakit disentri

Disentri merupakan jenis penyakit yang menyerang system pencernaan. Anda dapat mengetahui gejalanya yaitu, penderita akan merasakan mual, mulas dan juga buang air besar terus menerus serta dibarengi dengan keluarnya darah atau lendir di dalam feses tersebut. Penyebab disentri adalah karena ulah dari bakteri amoeba. Dengan menggunakan buah asam ini anda dapat mengobati penyakit ini secara herbal dan tidak ada efek samping. Cara pembuatan ramuannya juga sangat mudah yaitu dengan cara merebus buah asam, kunyit dan temulawak kemudian ketiga bahan tersebut setelah direbus dan juga matang. Kemudian saring air rebusan tadi sampai bersih dan habis. Untuk menambahkan rasa anda bias menambahkan gula jawa ataupun madu kedalah ramuan tadi.

3.      Mengobati penyakit difteri

Difteri adalah sejenis penyakit yang menyerang bagian saluran pernafasan yang mengakibatkan sakit tenggorokan, susah menelan, keluar lendir dari tenggorokan, demam dan juga tubuh lemas. Tentunya dengan gangguan penyakit ini akan sangat mengganggu aktivitas kita. Maka dari itu ternyata buah asem jawa ini sangat ampuh dalam mengobati penyakit ini. Cara pengobatannya anda dapat menggunakan asam jawa , lobak, bawang merah, kencur , daun papaya, kemudian semua bahan tadi bias anda rebus secara bersamaan. Setelah rebusan tadi matang. Kemudian anda dapat menggunakan air tersebut untuk berkumur. Lakukan kegiatan ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang optimal. Ingat hanya untuk dikumur bukan diminum!!!

4.      Mengatasi tekanan darah rendah

Tekanan darah rendah dapat menganggu aktivitas kita karena tubuh akan merasa sangat mudah lelah. Untuk mengatasinya anda dapat menggunakan asam jawa sebagai obatnya yaitu dengan menyiapkan buah asam, garam, gula aren, bawang merah, bawang putih dan cabai. Sediakan pula bayam untuk direbus dan dijadikan lalapan. Bahan yang sudah disiapkan tadi dibuat sambal dan anda bisa mencocol bayam rebus ke sambal tadi sehingga akan mendapatkan rasa enak dan anda pun akan terhindar dari tekanan darah rendah.

5.      Mengatasi penyakit ambeien

Ambeien merupakan penyakit yang disebabkan oleh terjadinya pembengkakan pembuluh darah di bagian anus sehingga pecah dan terjadilah infeksi di daerah tersebut. Biasanya orang akan memeriksakan dirinya ketika penyakit  ambeien yang diderita sudah parah. Nah untuk mengobatinya anda juga bisa menggunakan bantuan dari buah asam. 

Caranya dengan menyiapkan asam jawa, daun meniran, daun biji keeling dan temulawak. Setelah itu rebus bahan tersebut dan kemudian minum air rebusan yang telah disaring. Minumlah ramuan ini sebanyak tiga kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.  

6.  Mengatasi demam pasca nifas


Pad umumnya setelah atau Pasca melahirkan seorang wanita akan mengalami yang namanya nifas. Nifas adalah keluarnya darah setelah melahirkan. Pada umumnya pula wanita juga akan mengalami demam saat masa ini. Buah asam ini ternyata dapat sangat amuph untuk mengobati demam dan juga nifas pada saat pasca melahirkan bagi kaum wanita. Untuk pengobatannya juga sangat mudah dan dapat anda lakukan dirumah.

Caranya anda cukup dengan menyeduh asam jawa dengan segelas air hangat kemudian minum seduhan tadi secara rutin sampai demam hilang. Jika rasa terlalu asam, anda bisa menambahkan gula jawa atau madu sebagai pemanisnya. Dengan cara ini akan membantu anda agar lebih baik dan yang terutama lebih sehat karena bahannya alami.

7.  Ampuh menurunkan demam


Buah asam jawa memang banyak sekali manfaat bagi kesehatan, asam  jawa  dapat digunakan untuk mengobati demam,terutama demam yang biasanya menyerang bayi. Biasanya orang tua ketika buah hatinya mengalami demam akan langsung memberikan obat antibiotic, padahal obat tersebut kurang baik untuk bayi anda karena dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi rendah. Meskipun setelah mengkonsumsi obat tersebut memamang anak anda akan langsung turun demamnya. Nah  sebagai penggantinya yang lebih alami anda dapat menggunakan buah asam jawa sebagai pilihan anda untuk mengatasi demam pada buah hati anda. Cara pembuatannya juga sangatv mudah bila anda ingin membuatnya.

Caranya yaitu cukup dengan anda menumbuk asam jawa tersebut beserta daun bawang, kunyit dan daun melati muda. Kemudian bahan-bahan tersebut anda tumbuka tidak perlu terlalu halus. Setelah itu tumbukan tadi bisa anda balurkan pada bagian dahi  bayi hingga kering. Hal ini akan membuat demam lebih mudah turun. Prinsipnya sama hamper sama ketika anda mengompres anak yang sedang demam juga.

8.   Membuat berat badan anda ideal


Kegemukan atau memiliki kolestrol menjadi salah satu jenis penyakit yang sedang menjad tren saat ini. Kenapa saya bilang tren? Karena hamper kebanyak orang banyak yang mengalaminya. Dan biasanya hanya karena kurang mengatur pola makan yang kurang sehat. Bila seseorang yang mengalami kegemukan atau yang ingin menghindari agar tidak berlebihan kolestrol maka anda harus banyak pantangan makanan yang dikonsumsi. Tapi tidak usah khawatir karena buah asam jawa ini  dapat mengobati kolestrol dengan ampuh dan juga alami. 

Caranya juga sangat mudah , anda cukup menumbuk daun asam kemudian masukan dalam air panas dan saring sampai bersih. Setelah itu anda bisa meminumnya sebanyak 3 kali dalam sehari. Anda dapat mengkonsumsi secara rutin pula agar mendapatkan hasil yang maksimal.

9.   Mengatasi nyeri saat haid


Buah asam jawa juga telah terkenal mampu mengobati rasa nyeri yang dialami bagi kaum wanita khususnya pada saat mengalami haid. Bisanya rasa nyeri ini lah yang juga nantinya akan mempengaruhi mood dari wanita tersebut. Nah untuk mengatasi dan mengurangi rasa nyeri tersebut anda dapat memanfaatkan buah asam jawa ini sebagai salusinya.

Untuk cara pembuatannya juga sangat mudah anda hanya perlu membuatnya pun sangat mudah yaitu dengan menumbuk buah asam dengan kunyit, kemudian rebus hingga matang dan setelah itu saring airnya minum sampai habis secara teratur saat nyeri haid. Ramuan ini akan sangat bermanfaat bagi anda kaum wanita dan tentunya obat yang tidak akan membuat efek samping.
 


Demikianlah Artikel Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Sekianlah artikel Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan dan Kecantikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan dan Kecantikan dengan alamat link https://infosehat-95.blogspot.com/2016/05/manfaat-asam-jawa-bagi-kesehatan-dan.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan dan Kecantikan"

Posting Komentar