Mengatasi Kejang Demam Pada Anak

Mengatasi Kejang Demam Pada Anak - Hallo sahabat INFO KESEHATAN, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengatasi Kejang Demam Pada Anak, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Anak, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mengatasi Kejang Demam Pada Anak
link : Mengatasi Kejang Demam Pada Anak

Baca juga


Mengatasi Kejang Demam Pada Anak

Mengatasi Kejang Demam Pada Anak
Mengatasi Kejang Demam Pada Anak-Bagi anda yang sudah menjadi orang tua dan telah dikarunia sang buah hati pasti sangat senang dan bersyukur pastinya. Tapi bagaiman jadinya apabila sang buah hati anda yang biasanya cerita dan membuat hati kita sebagai orang tua menjadi tenang dan bahagia kemudian sang anak menjadi lemah karena sakit demam? pastinya sebagai orang tua merasa kasihan dan khawatir dengan buah hati anda. 

Apalagi bila suhu anak terus meninggi dan demam, terlebih lagi jika demam disertai dengan kejang-kejang. Pastinya akan menambah khawatir anda selaku para orang tua. Dalam hal ini Demam yang tersertai dengan kejang biasa terjadi pada sebagian anak. Sekitar 5% anak dari usia 6 bulan sampai 6tahun mengalami hal ini, terutama jika orangtua memiliki riwayat kejang demam serupa sewaktu kecil. Anak yang mengalami kejang tentu akan membuat panik orang tua. 

Pada dasarnya Kejang demam merupakan kejang yang terjadi ketika seorang bayi atau anak mengalami demam tinggi yang bukan disebabkan dari infeksi sistem saraf pusat. Kejang pada anak ini perlu mendapat perhatian karena kejang dapat terjadi berulang kali dan akan membahayakan. Jika anak terlalu sering mengalami kejang demam, hal ini dapat merusak sel-sel otak pada anak. Oleh karena itu ketika sang anak mengalami demam dan kejang anda harus lebih banyak memberikan perhatian anda karena bila berlanjut akan berbahaya. Sebagai orang tua anda juga harus tau bagaimana cara mengatasi kejang pada anak dengan benar. Lalu bagaimana Mengatasi Kejang Demam Pada Anak?

Sebelum kita ke cara Mengatasi Kejang Demam Pada Anak, ada baiknya juga bila kita tau jenis-jenis kejang demam pada anak, sebagai berikut :

Jenis Kejang Demam

Jenis kejang pada anak saat demam juga bisa kita lihat berdasarkan lama terjadinya kejang dan seberapa sering terjadinya, kejang dibedakan menjadi:
  • Kejang Demam Sederhana

Kejang demam sederhana? maksudnya Yaitu kejang yang terjadi pada seluruh tubuh dengan lama waktu terjadinya kejang kurang dari 10 menit dan tidak terjadi lagi dalam kurun waktu 24 jam. Jadi dalam kondisi ini bila anak anda mengalami kejang yang relatif tidak begitu lama dan tidak ada kejang lanjutkan dapat anda simpulkan kalau kejang yang anak anda alami merupakan kejang demam sederhana.
  • Kejang Demam Kompleks

Kejang demam kompleks, yaitu kejang lokal (tidak terjadi pada seluruh tubuh) yang biasa terjadi pada area lengan dan tungkai kaki. Kejang kompleks berlangsung selama lebih dari 10 menit dan terjadi lebih dari 1 kali dalam kurun waktu 24 jam.

Cara Mengetahui Anak Mengalami Kejang Demam?

Bagi kebanyakan orang tua dan sebagian besar dari kita juga masih kurang tahu tentang bagaimana cara memastikan apakah anak mangalami kejang demam. Oleh karena itu Apabila Anda menduga anak mengalami kejang, untuk memastikannya dapat anda coba dengan melakukan sbb:
  1. Yang pertama adalah apabila Jika kondisi anak anda dalam posisi lengan tertekuk pada siku, maka dengan perlahan coba luruskan lengan anak. Jika lengan dengan mudah dapat diluruskan berati anak tidak mengalami kejang. Karena biasanya bila lengan yang tertekuk agak sulit untuk diluruskan bisa jadi anak anda mengalami kejang.
  2. Jika anak dalam posisi lengan lurus, maka coba secara perlahan tekuk lengan anak. Jika dengan mudah dapat ditekuk berarti anak tidak mengalami kejang.
  3. Sebaliknya, jika lengan sulit diluruskan atau sulit untuk ditekuk, kemungkinan besar anak mengalami kejang.

Tips Mengatasi Kejang Demam Pada Anak

Dalam kondisi bila dipastikan anak anda mengalami kejang demam, maka beberapa tips ini semoga bisa membantu anda dalam mengatasi kejang demam pada anak . Biasanya yang akan kita hadapi adalah suatu kepanikan karena cemas pada anak kita. Padahal kepanikan tidak akan membuat keadaan lebih baik tapi malah sebaliknya, Berikut ini beberapa tips yang sudah terbukti untuk menghadapi anak kejang :
    1. Tenangkan diri Anda, dalam hal ini anda tentu secara spontan akan mengalami kepanikan namun anda juga harus mengkondisikan diri anda agar lebih tenang agar tidak membuat suatu kekeliruan dalam menangani kejang demam pada anak.
    2. Jika anak dalam posisi tidur telentang, cobalah miringkan tubuh anak ke salah satu sisi.
    3. Jangan memberikan minuman apapun pada saat anak mengalami kejang karena minuman dapat menyebabkan cairan masuk ke dalam paru-paru.
    4. Jika ada, berikan obat untuk meredakan kejang untuk pertolongan pertama. Obat ini biasa dimasukkan melalui dubur. Jika anak Anda pernah mengalami kejang, tanyakan pada dokter obat untuk meredakan kejang tersebut dan selalu siapkan persediaan obat di rumah.
    5. Jika kejang yang dialami anak anda terus berlanjut dan semakin sering sesegeralah Bawa ke tempat pelayanan kesehatan seperti klinik atau rumah sakit agar dapat segera ditangani.
    Diatas telah saya jelaskan tentang bagaimana Mengatasi Kejang Demam Pada Anak, Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua dan anda dapat Mengatasi Kejang Demam Pada Anak, apabila anak anda mengalami kejang. Semoga kita dan keluarga kita selalu diberikan kesehatan agar kidup kita selalu bahagia dan cerita bersama keluarga, Amin.
    Kritik dan saran sangat berguna bagi saya selaku penulis agar kedepannya lebih baik lagi.



      Demikianlah Artikel Mengatasi Kejang Demam Pada Anak

      Sekianlah artikel Mengatasi Kejang Demam Pada Anak kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

      Anda sekarang membaca artikel Mengatasi Kejang Demam Pada Anak dengan alamat link https://infosehat-95.blogspot.com/2016/05/mengatasi-kejang-demam-pada-anak.html

      Subscribe to receive free email updates:

      0 Response to "Mengatasi Kejang Demam Pada Anak"

      Posting Komentar