16 Manfaat Cabe Bagi Kesehatan, Wajib Anda Ketahui!!

16 Manfaat Cabe Bagi Kesehatan, Wajib Anda Ketahui!! - Hallo sahabat INFO KESEHATAN, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 16 Manfaat Cabe Bagi Kesehatan, Wajib Anda Ketahui!!, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Buah Sehat, Artikel Sayur Sehat, Artikel Tips sehat, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 16 Manfaat Cabe Bagi Kesehatan, Wajib Anda Ketahui!!
link : 16 Manfaat Cabe Bagi Kesehatan, Wajib Anda Ketahui!!

Baca juga


16 Manfaat Cabe Bagi Kesehatan, Wajib Anda Ketahui!!



16 Manfaat Cabe Bagi Kesehatan, Wajib Anda Ketahui!!
16 Manfaat Cabe Bagi Kesehatan, Wajib Anda Ketahui!!
16 Manfaat Cabe Bagi Kesehatan, Wajib Anda Ketahui!!-Cabe lebih dikenal dikalangan masyarakat sebagai bumbu dapur dan sebagai penambah rasa pedas. Cabe mempunyai banyak jenis misalnya cabe hijau, cabe merah,cabe kriting , cabe rawit dll. Cabe pada umumnya diketahui masyarakat sebagai penyedap rasa dan sebagai penambah napsu makan. Cabe mempunyai rasa khas yaitu rasa pedas , rasa pedas ini lah yang membuat kita menjadi tambah nafsu makan. Apalagi bagi kebanyakan orang Indonesia yang memang sangat suka makan makanan bercita rasa super pedas.



Kandungan Gizi Cabai
Per 100 g
Kalori (kcal)
39
Jumlah Lemak
0,4 g
Lemak jenuh
0 g
Lemak tak jenuh tunggal
0 g
Lemak tak jenuh ganda
0,2 g
Kolesterol
0 mg
Natrium
9 mg
Kalium
322 mg
Jumlah Karbohidrat
9 g
Serat pangan
1,5 g
Gula
5 g
Protein
1,9 g




Vitamin A
952 IU
Vitamin C
143,7 mg
Kalsium
14 mg
Zat besi
1 mg
Vitamin D
0 IU
Vitamin B6
0,5 mg
Vitamin B12
0 µg
Magnesium
23 mg


Tanaman cabe sendiri sangat mudah untuk kita budidayakan. Kita dapat menanamnya di belakang rumah atau pekarangan rumah, atau bias juga di kebun, yang jelas sangat mudah dan gampang. Bahkan menanam tanaman ini pun bias ita lakukan di dalam pot. Hal ini karena tanaman cabe cukup mudah untuk ditanam dan tidak memerlukan banyak tempat. Maka dari itu tak heran jika orang Indonesia sangat suka dengan cabe ini. Meskipun demikian mengkonsumsi terlalu banyak cabe dapat membuat perut kita sakit dan bermasalah pada system pencernaan kita. Tapi taukah anda banyak manfaat yang berkhasiat yang ada dalam kandungan cabe ini yang mungkin belum banyak diketahui , asalkan kita mengkonsumsi dengan jumlah yang sewajarnya dan tidak berlebihan.

Berikut16 manfaat cabe bagi kesehatan  :

1. Berat Badan Anda Turun!

Cabe bukan hanya sebagai penambah napsu makan saja. Ternyata cabe juga mampu mengatur berat badan anda. Cabe ternyata juga dapat menurunkan lemak pada tubuh anda. Benarkah demikian? Ya pada faktanya ketika anda sedang mengkonsumsi cabe ini maka secara otomatis keringat anda akan terus bercucuran hal inilah yang membuktikan bahwa cabe ampuh juga untuk menurunkan berat badan.

2. Ampuh Menurunkan Kadar Gula Darah

Cabe juga sangat berguna untuk menurunkan kadar gula dalam darah anda. Menurut penelitian yang dilakukan pada cabe, menghasilkan kesimpulan bahwa manfaat yang terdapat dalam cabe adalah dapat menurunkan kadar gula khususnya bagi para penderita diabetes.

3. Memperlancar Proses Pencernaan

Sebenarnya dalam kandungan dalam cabe dapat berguna sebagai pelancar proses pencernaan anda. Karena dalam cabe  mengandung cayenne. cayenne  ini sanngat bermanfaat bagi tubuh karena dapat membantu proses pencernaan anda . maka dari itu tak heran jika cabe bermanfaat bagi masalah pencernaan anda. Namun kebanyak orang malah mengalami hal yang sebaliknya yaitu setelah mengkonsumsi cabe malah terganggu system pencernaannya atau bias dibilang sakit perut dan diare. Maka dari itu konsumsi lah cabe ini secukupnya dan jangan terlalu berlebih karena semua yang berlebihan itu tidak baik.

4. Memperkuat Tulang Anda

Benarkah cabe dapat memperkuat tulang ? penelitian yang dilakukan pada cabe ini menyatakan kalau cabe itu memiliki kandungan kalsium yang terdapat didalam cabe ini. Sedangkan kalsium ini sangat coco untuk memperkuat dan pertumbuhan tulang anda. Namun jika dibandingkan dengan kandungan kalsium yang terdapat dalam susu, kandungan kalsium pada cabe masih belum seberapa. Tapi asalkan anda mengkonsumsi cabe seperlunya saja maka kandungan kalsium yang ada di dalamnya juga akan terserap dalam tulang anda. Sehingga tulang anda menjadi sehat dan kuat.

5. Mengatasi Peradangan

Cabe juga mengadung Capsaisin, kandungan ini lah yang dapat bermanfaat sebagai pengobatan penyakit arthritis atau penyakit peradangan. Meskipun orang dahulu juga bilang kalau cabe juga dapat mengatasi sariawan , dengan cara meneteskan air cabe ke sariawan. Namun dalam hal ini saya tidak menganjurkannya. Karena hal itu akan sangat menyakitkan pada anda, lebih baik anda mencoba untuk makan vitamin c atau buah yang mengandung vitamin c.

6. Mengurangi Resiko Kanker Prostat

Pada umumnya kanker prostat banyak menyerang kaum laki-laki . kanker prostat pun menjadi salah satu penyakit serius yang dapat dibilang sulit untuk mengobatinya.  Berkenaan dangan kanker prostat ini lah cabe ternyata dapat mengurangi resiko terkena penyakit prostat ini. Karena lebih baik mencegah daripada mengobati. Cabe mengandung zat capsaicin yang juga sebagai sumber pedasnya., zat inilah yang menjadika capsaicin dapat mengurangi resiko kanker prostat. Karena dapat berperan penting untuk membunuh sel-sel kanker dan juga melindungi tubuh kita dari kanker.

7. Menghalaui Demam dan Flu

Demam dan flu menjadi masalah umum yang banyak masyarakat rasakan apa lagi dimusim ujan seperti ini. Bagi orang yang mempunyai sitem imun yang kurang baik pasti akan cepat terserang demam da flu. Apalagi penyebaran dan penularan flu ini sangat cepat.
Ternyata Serbuk cabe rawit yang biasa kita gunakan untuk menambah cita rasa pada masakan ternyata juga memiliki manfaat untuk membantu memecah dan mengeluarkan lender kita kita sedang mengalami. Keluarnya lender ini lah yang biasanya akan diikuti dengan proses penyembuhan flu itu sendiri.

8. Anti Jamur

Hasil sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa serbuk cabe rawit sangat ampuh mencegah pembentukan fatogen jamur phomopsis dan collectotrichum.

9. Mencegah Sakit Kepala Migren

Tanpa anda ketahui mungkin, ternyata cabe dapat mencegah sakit kepala migren yang biasanya dialami oleh sebagian banyak orang. Hal ini berhubungan dengan kemambuan cabe itu sendiri yang dapat menstimulasi respon rasa sakit pada bagian tubuh yang berbeda, sehingga menyebabkan otak mengalihkan perhatiaannya kepada lokasi baru yang terasa sakit tersebut. Ini lah yang akan membuat sakit kepala yang diderita akan semakin berkurang dan hilang.

10. Membantu Proses Detoksifikasi

Cabe dapat dikenal sebagai stimulan peredaran darah. Kandungan yang ada dalam Cabe ternyata juga mampu meningkatkan denyut lymphatic dan ritme pencernaan. Hal ini juga akan membuat tubuh kita menjadi panas, kemudian proses detoksifikasi alami tubuh secara singkat juga akan dipersingkat kerika kita mengkonsumsi cabe maka respon tubuh adalah mengeluarkan keringan , hal inilah yang juga membantu proses detoksifikasi.

11. Anti Inflamasi

Inflamasi adalah reaksi kompleks terhadap bahan yang merugikan misalnya : mikroba dan juga sel yang rusak(biasanya nekrosis) yang berupa respon vaskuler , migrasi dan aktivasi leukosit serta reaksi retemik.
Maksud dari inflamasi adalah peradangan jadi dalam cabe ini bermanfaat sebagai obat herbal inflamasi (peradanagn) seperti : arthritis, diabetes, psoriasis, dan kerusakan syaraf yang berhubungan dengan herpes.

12. Menambah Produksi Air Liur

Cabe juga ternyata berguna sebagai penambah dalam memproduksi air liur. Biasanya masalah yang sering muncul adalah mulut kering karena produksi air liur yang kurang. Air liur juga sebgai hal penting dalam proses pencernaan yang baik dan menjaga kesehatan mulut agar tetap optimal dan sehat. Disini fungsi dari cabe dapat bermain karena cabe sebagai stimulantyang dapat membantu produksi air liur

13. Membantu Pembekuan Darah

Dalam hal ini cabe berfunsi untuk mengurangi atherosclerosis, mendukung aktivitas fibrinolytic, dan mencegah gejala-gejala yang menyebabkan terjadinya pembekuan darah, yang dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung atau stroke. Wih hebat bukan cabe ternyata juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan juga stroke yang banyak orang merupakan penyakit mematikan nomer 1.

14. Menagatasi Nyeri Sendi

Kandungan capsaicin yang melimpah dalam cabe inilah yang membuat cabe dapat sebagai obat untuk mengatasi nyeri otot, cabe akan memberikan reaksi yang menyebabkan munculnya rasa sakit sementara pada kulit, yang mengirim pesan kimiawi dari kulit ke sendi, sehingga mampu meredakan nyeri pada sendi. Begitu lah prosesnya.

15. Mengatasi Alergi

Seperti yang saya sudah jelaskan diatas , apa itu inflamasi. Dalam kandungan cabe terdapat sebagai anti  inflamasi dan jugadapat membantu meringankan alergi. Jadi jika anda mempunyai alergi bias konsumsi cabe, dan ingat secukupnya saja.

16. Anti Bakteri

Selain manfaat bagi kesehatan ternyata cabe juga bermanfaat untuk mencegah atau mengatasi bakteri. Maka tak heran kalau cabe ini juga digunakan sebagai bahan pengawet alami  guna mengawetkan makanan dari kontaminasi bakteri jahat yang dapat menyebabkan makanan menjadi busuk.
Diatas merupakan menfaat dari cabe bagi kesehatan anda yang harus anda ketahui namun dalam manfaat yang banyak yang diberikan pada cabe ini ternyata juga terdapat bahaya bila anda mengkonsumsi cabe dengan jumlah yang berlebuhan.

Berikut Bahaya Makanan Yang Terlalu Pedas :

1. Makanan yang terlalu pedas akan mengakibatkan kerusakan pada dinding lambung. Hal ini dikarenakan, jenis makanan yang pedas merupakan kombinasi asam dan terlalu banyak asam masuk keperut, maka dari itu akan menyebabkan kerusakan dinding lambung .
2. Makanan pedas mengakibatkan penyakit Gastritis atau maag akut. Gejala gastritis yaitu seperti muntah, mual-mual, diare.
3. Makanan yang terlalu pedas akan mengakibatkan penyakit Ulkus Gaster atau tukak lambung. Gejala yang Nampak, ketika anda terkena penyakit ini yaitu perut serasa terbakar, gejala mual-mual, muntah-muntah.
4. Makanan yang terlalu pedas juga akan mengakibatkan anda terkena insomnia atau susah tidur pada malam hari. Sehingga sebaiknya anda tidak memakan makanan pedas di saat malam hari. Karena istrihat anda tidak akan nyaman.
5. Makanan pedas mengakibatkan berat badan anda semakin menurun. Jadi kurangi atau hilangkan dari kebiasan memakan makanan yang pedas jika anda ingin agak gemuk atau anda yang tergolong kurus.
6. Makanan yang terlalu pedas mengakibatkan anda terkena serangan sakit kepala dari dampak penyakit gastritis. Karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas tersebut.

Bila kita lihat bahaya yang akan di rasakan bila mengkonsumsi Makanan yang terlalu pedas seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Maka dari itu bijak lah anda dalam mengkonsumsi cabe ini agar yang anda dapatkan adalah manfaatnya saja dan bukan bahayanya. Secara otomatis anda akan mendapatkan kesehatan yang sudah saya jelaskan diatas juga.
Sekian dan terimakasih , kritik dan saranya sangat berguna untuk kami. Info Kesehatan


Demikianlah Artikel 16 Manfaat Cabe Bagi Kesehatan, Wajib Anda Ketahui!!

Sekianlah artikel 16 Manfaat Cabe Bagi Kesehatan, Wajib Anda Ketahui!! kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 16 Manfaat Cabe Bagi Kesehatan, Wajib Anda Ketahui!! dengan alamat link https://infosehat-95.blogspot.com/2016/05/16-manfaat-cabe-bagi-kesehatan-wajib.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "16 Manfaat Cabe Bagi Kesehatan, Wajib Anda Ketahui!!"

Posting Komentar