11 Tips Ampuh Mempertajam Daya Ingat Otak

11 Tips Ampuh Mempertajam Daya Ingat Otak - Hallo sahabat INFO KESEHATAN, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 11 Tips Ampuh Mempertajam Daya Ingat Otak, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Anak, Artikel Hidup Sehat, Artikel Pria, Artikel Tips sehat, Artikel wanita, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 11 Tips Ampuh Mempertajam Daya Ingat Otak
link : 11 Tips Ampuh Mempertajam Daya Ingat Otak

Baca juga


11 Tips Ampuh Mempertajam Daya Ingat Otak



11 Tips Ampuh Mempertajam Daya Ingat Otak
11 Tips Ampuh Mempertajam Daya Ingat Otak

11 Tips Ampuh Mempertajam Daya Ingat Otak-Otak manusia adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Oleh karena itu terdapat kaitan erat antara otak dan pemikiran. Otak dan sel saraf di dalamnya dipercayai dapat memengaruhi kognisi manusia. Pengetahuan mengenai otak memengaruhi perkembangan psikologi kognitif. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.

Memiliki otak yang jenius menjadi impian dan dambaan bagi setiap orang didunia ini, bagaimana tidak? Dengan otak yang cerdas kita dapat menghadapi segala macam permasalahan didunia ini dengan mudah, dapat berprestasi dan menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain. Meskipun faktanya, hanya beberapa yang memiliki otak yang jenius seperti ilmuwan fisika Albert Einstein dan beberapa ilmuwan lainnya. Banyak para ilmuan yang telah melakukan penelitian tentang bagaimana cara agar dapat mempertajam kecerdasaan otak manusia. Berikut cara mempertajam daya ingat otak.

Tips Ampuh mempertajam daya ingat otak

1.  Senam Otak.

Agar daya ingat otak anda lebih tajam , anda harus meluangkan waktu anda disela-sela kesibukan aktivitas anda . Usahakan untuk melakukan senam otak. Senam otak ini dapat dilakukan dengan cara memberikan beberapa pertanyaan yang anda harus jawab sendiri. Karena dengan senam otak ini akan melatih otak anda agar lebih focus dan menyeimbangkan otak kanan dan juga otak kiri anda.

2.   Makanan Otak.

Layaknya tubuh anda , otak manusia juga membutuhkan makanan yang bernutrisi sebagai asupan yang baik untuk otak kita. Nutrisi inilah yang akan mempertajam daya ingat anda. Diantara banyak jenis makanan ,beberapa ini merupakan jenis makanan yang sangat baik sebagai nutrisi bagi otak kita, seperti sayuran yang berwarna hijau contohnya: Bayam dan juga sayuran berwarna hijau yang lainnya. Bukan hanya sayur tapi jenis ikan juga sangat baik untuk kecerdasan otak kita contohnya ikan tuna dan ikan salmon

3.   Cukupi Air Putih.

Air putih menjadi salah satu hal penting untuk tubuh kita. Bukan hanya sebagai cairan bagi tubuh kita saja . Air putih juga sangat baik untuk otak manusia. Air ini lah yang akan menunjang kerja otak agar lebih maksimal dan optimal, selain itu bila kita kekurangan air putih maka akan mengurangi konsentrasi kita . Dalam  hal ini, minum air putih yang cukup merupakan hal yang sangat bermanfaat untuk mempertajam daya ingat otak anda. Idealnya kita harus minum air putih 8 gelas air putih setiap harinya. Maka dari itu air putih ini sangat dianjurkan bagi kita semua karena harganya yang murah dan mempunyai manfaat beser bagi tubuh kita.

4.   Istirahatkan Otak.

Mengistirahatkan otak kita juga menjadi hal penting, guna mempertajam daya ingat otak kita. Makanya dokterpun menganjurkan untuk mengistirahatkan otak kita setelah melakukan aktivitas seharian. 

Tidur merupakan cara yang paling efektif untuk mengistirahatkan otak dan pikiran anda. Tujuannya adalah agar saat bangun dipagi harinya, otak anda akan menjadi lebih fresh serta mampu bekerja optimal dalam membantu aktivias kita sehari-hari.

5.   Berikan Jeda Istirahat.

Bagi anda yang memang bekerja atau melakukan kegiatan aktivitas sehari-hari yang memerlukan daya piker lebih atau berurusan dengan otak bukan otot. Alangkah baiknya anda mengistirahatkan otak anda selama beberapa menit. Mengistirahatkan dengan jeda berbeda dengan mengistirahatkan  dengan tidur.

6.   Bermain Teka-Teki Silang.

Bermain teka-teki silang juga dapat mempertajam daya ingat otak anda hal ini dikarenakan dengan anda bermain teka-teki silang maka otak anda akan mencoba menebak-nebak jawaban yang tepat. Hal ini karena anda akan mencoba menjawab dan mengisi kata-kata yang tersembunyi di teka-teki silang dan wawasan anda dan daya ingat andalah yang akan bekerja disini. Permainan ini juga sudah terbukti sangat ampuh dalam mempertajam daya ingat otak anda.

7.   Memutar Memori Otak.

Memutar memori otak atau mengingat masa lau. Ingat yang diingat jangan masa lalu yang kelam ya. Usahakan untuk mengingat kenangan yang indah bias kenangan indah bersama orang lain, keluarga ataupun juga bias kenangan pada suatu kejadian yang menurut anda sangat mengesankan dan juga menyenangkan. Terbukti dengan anda meluangkan waktu untuk mengulang memori masa lalu anda hal tersebut juga akan melatih otak anda agar lebih tajam dalam mengingat sesuatu hal.

8.   Hindari Depresi

Depresi atau stress menjadi penyebab konsentrasi anda menurun. Bukan hanya itu saja stress atau depresi juga akan melemahkan kerja otak anda sehingga tidak bekerja secara optimal. Cara mengatasinya anda dapat melakukan aktivitas ringan dan melakukan kegiatan yang menurut anda itu menyenangkan. Usahakan pula bila anda sedang mengalami suatu masalah baik pekerjaan , sekolah dan lain sebagainya, jangan sampai masalah tersebut menjadi beban pikiran anda, cepatselesaikan masalah anda agar tidak berlarut-larut.

9.   Berpikir ringan untuk sesaat

Berpikir ringan maksudnya adalah, saat dimana anda mencoba mengingat hal sesuatu namun terkadang lupa dan sukar diingat. Maka jangan paksa otak anda untuk mengingatnya. Cara yang benar adalah cobalah untuk tenangkan pikiran anda dan diri anda . coba juga untuk mengingat hal-hal yang sederhana seperti halnya mengingat nama-nama teman atau sahabat anda. Cara ini telah terbukti ampuh untuk memulihkan ingatan anda yang terlupakan tadi.

10.  Tuangkan ingatan melalui gambar

Melukis atau menggambar juga ternyata sangat baik untuk mempertajam daya ingat anda. Dengan lukisan ini lah pesan yang ada di otak anda dapat dituangkan . dengan melukis juga akan membuat imajinasi anda bertambah dan akan mengembangkan otak kanan anda. Ketika anda stress pun anda dapat meluangkan untuk melukis atau menggambar. Penelitain juga menyatakan mengingat dengan gambar akan lebih lama tersimpan dalam memori otak kita dari pada harus mengingat dalam bentuk tulisan atau angka.

11.  Olahraga Secara teratur

Olahraga juga sangat bermanfaat untuk tubuh kita dan kesehatan otak kita. Bagaimana tidak? dengan berolahraga ini akan bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah. Peredaran darah yang lancar akan menyebabkan suplay oksigen ke otak tercukupi. Hal ini sangat penting untuk mempertajam daya ingat otak. Maka dari itu jangan pernah malas meluangkan waktu anda untuk berolahraga agar hidup sehat dan otak menjadi cemerlang.

Demikian pembasan saya kali ini tentang  11 Tips Ampuh Mempertajam Daya Ingat Otak semoga bias bermanfaat , kritik dan saran sangat berguna agar blog ini dapat menyampaikan informasi yang lebih baik lagi. InfoKesehatan.


Demikianlah Artikel 11 Tips Ampuh Mempertajam Daya Ingat Otak

Sekianlah artikel 11 Tips Ampuh Mempertajam Daya Ingat Otak kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 11 Tips Ampuh Mempertajam Daya Ingat Otak dengan alamat link https://infosehat-95.blogspot.com/2016/05/11-tips-ampuh-mempertajam-daya-ingat.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "11 Tips Ampuh Mempertajam Daya Ingat Otak"

Posting Komentar