Tips Merawat Telinga Agar fungsinya tetap terjaga dan Sehat

Tips Merawat Telinga Agar fungsinya tetap terjaga dan Sehat - Hallo sahabat INFO KESEHATAN, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tips Merawat Telinga Agar fungsinya tetap terjaga dan Sehat, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Hidup Sehat, Artikel Pria, Artikel Tips sehat, Artikel wanita, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Tips Merawat Telinga Agar fungsinya tetap terjaga dan Sehat
link : Tips Merawat Telinga Agar fungsinya tetap terjaga dan Sehat

Baca juga


Tips Merawat Telinga Agar fungsinya tetap terjaga dan Sehat

http://hidupsehat-baru.blogspot.com/2016/04/tips-merawat-telinga-agar-fungsinya.html

Tips Merawat Telinga Agar fungsinya tetap terjaga dan Sehat-Telinga merupakan alat indra pendengaran bagi makhluk hidup baik bagi manusia dan juga hewan. Tuhan menciptakan kita dengan memberikan pendengaran khususnya bagi manusia agar kita bisa bijak dalam menggunakan telinga yang telah dirahmati oleh tuhan. Telinga sendirimenjadi salah satu indera yang memiliki peranan penting bagi kehidupan manusia, tanpa keberadaan indera tersebut, maka secara otomatis mengakibatkan seseorang menjadi tuli. Dikarenakan tidak ada suara yang mereka tangkap atau dengar, seperti yang sudah kita ketahui, Telinga memiliki berbagai susunan yang mana memiliki fungsi yang berbeda-beda. Seperti daun telinga yang memiliki fungsi mengarahkan suara ke lubang telinga yang akan di teruskan ke bagian dalam telinga yang akan dikirimkan ke otak, sehingga otak dapat menerjemahkan berbagai suara tersebut. Untuk itulah, penting kiranya tips untuk menjaga telinga tetap sehat. Lalu , bagaimana caranya agar kita bisa merawat indra pendengaran kita dengan baik dan benar?

Sungguh kurang bisa bersyukur apabila kita tidak bersykur dan juga merawat telinga kita dengan baik. Padahal telinga merupakan alat indra penting bagi kehidupan kita sehari hari, maka dari itu jagalah telinga kita yang telah diberikan Oleh Tuhan yang Maha Esa. Namun, tanpa kita sadari,ternyata kebiasaan dan aktivitas sehari-hari justru membuat berkurangnya kemampuan menangkap berbagai suara yang masuk ke indera pendengaran.

1. Hindari mengorek kotoran telinga menggunakan cotton bud

http://hidupsehat-baru.blogspot.com/2016/04/tips-merawat-telinga-agar-fungsinya.html
Mungkin dari kebanyakan kita, sering melakukan hal ini dengan tujuan membersihkan kotoran yang ada di telinga kita. Namun kebiasaan ini ternyata salah, kenapa? Karena hal ini bukannya membersihkan kotoran, melainkan semakin mengotorkan telinga. Bahkan Kotoran akan semakin masuk kedalam telinga. Padahal Telinga memiliki mekanisme sendiri yang secara otomatis akan mengeluarkan kotorannya. Sedangkan Bagi umat Islam berwudhu’ merupakan perawatan terhadap telinga yang sempurna.  

 

 

2. Mengunyah Makanan dengan Baik Ketika Makan

http://hidupsehat-baru.blogspot.com/2016/04/tips-merawat-telinga-agar-fungsinya.html
Kemudian berhubungan tentang mengunyah makanan. Mungkin dari sebagian Anda bertanya, kenapa hal ini juga berpengaruh. Karena pada saat mekanisme kita mengunyah makanan hal tersebut juga dapat membantu dalam membersihkan telinga, karena pada saat gerakan mengunyah akan membantu dalam proses pengeluaran kotoran telinga. Untuk merasakan secara detail, Anda bisa mencoba ketika mengunyah permen karet, maka anda akan merasakan gerakan yang ternya berpengaruh pada indra pendengaran anda.

 

 3. Sesekali Cobalah Melakukan Terapi Lilin

http://hidupsehat-baru.blogspot.com/2016/04/tips-merawat-telinga-agar-fungsinya.htmlYang ketiga adalah dengan mencoba hal yang baru dan juga jarang di lakukan pada sebagian masyarakat. Yaitu dengan melakukan terapi lilin. Terapi lilin ini ternyata sangat dianjurkan karena akan sangat membersihkan kotoran-kotoran yang ada ditelinga. Pelajari bagaimana cara melakukan terapi lilin, lalu anda bisa mencobanya sendiri dirumah. 

 

 

 

4. Infeksi pada Telinga Membutuhkan Penanganan dari Dokter Ahli.

Ada 2 jenis infeksi, yakni pada telinga luar dan telinga tengah. Untuk bagian luar umumnya terjadi karena terkena air kotor. Telinga menjadi sakit, bengkak, atau bahkan bernanah. Biasanya, diobati dengan tetesan antibiotik. Sementara itu, untuk bagian tengah, terkadang bisa berdampak buruk pada gendang telinga. Gendang telinga bisa pecah. Biasanya, penderita diberi resep tablet antibiotik selain menggunakan resep obat tetes. Maka dari itu bila anda merasakan telinga anda merasa sakit atau terjadi infeksi cepat-cepat lah datang ke dokter spesialis yang ahli dibidangnya. Karena bila hal tersebut akan menjadi fatal bagi anda.

5. Menutup Hidung dan Meniup Telinga Saat Perjalanan

Nah ini merupakan tips buat anda, karena pada saat anda sedang diperjalanan baik didarat maupun udara terkadang telinga kita terasa lubang pendengaran kita agat mendengung dan sakit, nah pada Saat melakukan perjalanan dengan pesawat pun telinga terkadang terasa sakit. Untuk mengurangi rasa sakit itu, Anda bisa menutup hidung dan meniup telinga dengan lembut. Atau menguap pun terkadang menjadi solusi.

6. Jangan Garuk Telinga Saat Terasa Gatal

Bagi anda yang merasakan gatal dibagian telinga apalagi pada bagian dalamnya, maka segeralah pergi kedokter yang ahli dibidang tersebut. Karena Rasa gatal pada dasarnya bisa diakibatkan oleh eksim atau psoriasis, maka dari itu segeralah diperiksakan agar tidak berlanjut atau terlanjur kelebih parah.

7.Tidak Perlu Terlalu Bersih

Tidak selamanya bersih itu baik, apalagi untuk telinga Anda, seperti misalnya lapisan minyak atau serumen yang terdapat di sekitarnya. Walau lengket, serumen sebenarnya berfungsi untuk mengikat debu, bahkan serangga kecil yang mencoba masuk ke dalam telinga Anda. Secara normal, serumen akan mongering secara otomatis, dan dikeluarkan secara perlahan. Serumen yang mongering inilah yang sering dianggap sebagai kotoran telinga. Jika Anda ingin membersihkannya, lakukan saja seminggu sekali. Membilasnya dengan air bersih saat mandi sudah cukup. Kalau terlalu sering justru membuat telinga menjadi kering, iritasi dan gatal. Bahkan membuat telinga lebih sensitive dan menghasilkan lebih banyak serumen yang berakibat buruk bagi pendengaran.

8. Ingat !! Nyeri Bukan Berarti Telinga Anda Bermasalah

Rasa nyeri yang muncul bukan semata-mata karena telinga Anda bermasalah, tetapi bisa karena Anda menderita radang tenggorokan atau nyeri sendi leher. Tapi, saat Anda merasa nyeri di telinga, ada baiknya Anda konsultasikan pada dokter. Perlu diingat dan bila anda ragu dan ingin memastikan maka cepat cepatlah pergi kedokter.

9. Lakukan Perawatan Rutin

Bila Anda merasa ada yang kurang beres dengan indra pendengaran Anda, misalnya terdengar bunyi-bunyi atau benda yang bergerak di dalam telinga saat Anda menggerakkan kepala, maka sebaiknya segera mungkin berkunjung ke dokter spesialis THT. Begitu pula, saat Anda ingin membersikan bagian dalam telinga. Lakukan pemeriksaan rutin setidaknya satu tahun sekali. Selain menjaga kebersihannya, hal ini juga bermanfaat untuk mengetahui kondisi kesehatan telinga Anda.

10.  Kurangi Penggunaan Earphone dan Headphone

Profesor Huggonet menemukan penemuan baru, bahwa terlalu sering menggunakan alat pendengar seperti earphone dan headphone dengan suara kencang berpotensi menyebabkan kesehatan telinga dan pendengaran terganggu. Ada 2 kemungkinan yang terjadi, yang pertama Anda menjadi kurang peka terhadap bunyi dan yang kedua sebaliknya, Anda justru menjadi telalu sensitive terhadap bunyi. Sebaiknya, gunakan earphone maksimal 2 jam sehari lalu istirahatkan pendengaran selam 6 jam sesudahnya. Pemakaian earphone terlalu lama juga bisa menghambat telinga mengeluarkan kotorannya. Maka dari itu lebih bijaklah anda dalam menggunakan Earphone dan juga Headphone ini.

11. Eardrops

http://hidupsehat-baru.blogspot.com/2016/04/tips-merawat-telinga-agar-fungsinya.html
Intinya pada saat Sebelum tidur, alangkah baiknya jika anda memperhatikan kebersihan bantal dan kasur, terutama keberadaan serangga atau semut. Jangan abaikan hal ini, karena mereka bisa sangat mengganggu jika berhasil masuk ke telinga Anda. Begitu pula saat Anda berenang. Selain memiliki potensi besar untuk masuk ke dalam telinga, air juga bisa membawa kotoran masuk. Agar aman, manfaatkan eardrops saat berenang atau tidur.






Diatas merupakan penjabaran saya agar kita bisa menjaga kesehatan telinga kita agar tetap sehat dan juga tetap berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya. Sedikit sharing saja pada anda semua , dimana saya mempunyai teman dan teman saya mengalami gangguan pada telinganya. Yang Ia rasakan adalah rasa gatal dan sakit pada bagian dalam kuping kirinya, karena dianggap sepele maka hanya dibiarkan saja namun setelah 3 hari sakit ditelinga belum juga sembuh ataupun menghilang tapi malah telinga sebelah kirinya pendengarannya agak berkurang. Sontak karena khawatir langsung saja ia memeriksakan nya kedokter THT dan ternyata yang dialami teman saya adalah , ternya telinga sebelah kirinya terkena infeksi mungkin karena cara menjaganya yang kurang baik ataupun juga karena saat rasa sakit itu dating di korek korek dengan tujuan agar rasa gatal dan sakitnya hilang. Untung saja waktu itu belum terlambat dan masih bisa dibersihkan oleh dokter.

Dengan gambaran dan penjelasan saya diatas tentang Tips Merawat Telinga Agar fungsinya tetap terjaga dan Sehat ini semoga bisa bermanfaat bagi anda dan juga kita bisa lebih bijak menggunakan dan merawat telinga kita ini yang di karuniai Oleh Tuhan Yang Maha Esa, serta jangan pernah lupa untuk bersyukur.
Bila artikel ini bermanfaat bisa anda share keteman yang lain , dan bila ada pertanyaan bisa anda tanyakan lewat email dan bisa kirim lewat komentar. Sekian dan teriamakasih.


Demikianlah Artikel Tips Merawat Telinga Agar fungsinya tetap terjaga dan Sehat

Sekianlah artikel Tips Merawat Telinga Agar fungsinya tetap terjaga dan Sehat kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tips Merawat Telinga Agar fungsinya tetap terjaga dan Sehat dengan alamat link https://infosehat-95.blogspot.com/2016/04/tips-merawat-telinga-agar-fungsinya.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Merawat Telinga Agar fungsinya tetap terjaga dan Sehat"

Posting Komentar