Cara Merawat Gigi dan Mulut dengan Benar

Cara Merawat Gigi dan Mulut dengan Benar - Hallo sahabat INFO KESEHATAN, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Merawat Gigi dan Mulut dengan Benar, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Hidup Sehat, Artikel Pria, Artikel Tips sehat, Artikel wanita, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Merawat Gigi dan Mulut dengan Benar
link : Cara Merawat Gigi dan Mulut dengan Benar

Baca juga


Cara Merawat Gigi dan Mulut dengan Benar


Cara Merawat Gigi dan Mulut dengan Benar-Mulut merupakan salah satu organ yang Tuhan berikan pada makhluk hidup terutama pada manusia dan hewan. Didalam mulut terdapat lidah dan juga gigi , lidah sendiri merupakan indra pengecap atau bisa disebut sebagai perasa. Dalam mulut juga terdapat Gigi yang berfungsi sebagi mengunyak atau mengoyak makanan menjadi lebih kecil agar menjadi lebih mudah dicerna.
Cara Merawat Gigi dan Mulut dengan Benar
Cara Merawat Gigi dan Mulut dengan Benar

Gigi juga menjadi salah satu penampilan bagi kita, kenapa? tentu anda akan lebih suka dengan orang yang murah senyum dari pada yang suka murung. Dengan demikian gigi menjadi salah satu penampilan penting bagi kita. Pasti anda sangat menginginkan gigi yang kuat dan bersih serta putih juga kan? makanya jangan malas malas menjaga dan juga merawat gigi kita agar tetap bersih dan juga sehat. Ingat! rawat juga kebersihan mulut dan lidah kita agar  kita juga terhindar dari bau mulut.
Lalu bagaimana caranya agar kita bisa merawat kesehatan gigi dan mulut kita?

Tips merawat gigi dan mulut agar tetap sehat  :

Pilih Dental Floss, Hindari Penggunaan Tusuk Gigi

Pada umunya setelah anda Selesai menikmati makanan, biasanya anda merasakan adanya sebagian makanan yang menghuni celah-celah gigi. Keadaan ini dapat mengganggu dan jika dibiarkan terlalu lama dapat menyebabkan gigi rusak. Untuk mengeluarkannya, gunakan dental floss (benang gigi) daripada menggunakan tusuk gigi. Dental floss akan meminimalkan terjadinya gesekan dan benturan pada gigi dan gusi. Sebaliknya penggunaan tusuk gigi memungkinkan terjadinya pergeseran gigi dan melukai gusi sehingga membuat gusi berdarah dan infeksi. Jadi mulai sekarang jangan hindari penggunaan tusuk gigi karne hal tersebut akan melukai bagian gusi anda dan akan menyebabkan pendarahan pada gusi akhirnya gusi menjadi bengkak. Lebih baik gunakan lah benang gigi saja karena akan mengurangi gesekan pada gusi dan juga menghindari terjadinya lupa pada gusi anda. Masih tetap memakai tusuk gigi?

Menyikat Gigi dengan Benar

  • Sikat dengan tekanan ringan. 

    Dalam hal ini yang harus kita perhatikan adalah pada saat kita sedang menggosok kita maka hendaknya hindari dalam Menekan terlalu keras pada gigi, karena akan merusak gigi dan gusi kita. Saat menggosok dengan tekanan yang keras maka Gusi akan mudah berdarah. Hal ini yang akan membuat gusi sensitif terserang infeksi. Karena bermasalah, gusi menjadi tidak sempurna. untuk menyangga gigi dan bisa mengakibatkan kerusak gigi atau gigi menjadi tanggal. Maka dari itu sikat lah gigi anda dengan berlahan tidak perlu dengan tekanan yang keras. Bukannya bersih malah memulai masalah baru.
  • Arah sikatan

    Arah menyikat gigi yang benar adalah mengarah vertikal satu arah dari pangkal ke ujung gigi. Hal ini bertujuan agar sisa makanan di sela gigi dapat tersapu keluar dan perbatasan gusi gigi tidak terkikis. Arah sikatan untuk gigi geraham adalah sikat permukaan kunyah dengan gerakan ke kanan-kiri seperti gerakan menyapu atau gerakan melingkat. Arah sikatan ini menjadi salah satu teknik yang penting, namun kenyataanya masih banyak masyarakat yang kurang paham dalam hal ini.
  • Durasi waktu 

    Untuk durasi waktu pada saat kita menyikat gigi yang ideal adalah 2-3 menit. Jika terlalu cepat maka gigi yang anda sikat masih kurang bersih dan masih terdapat sisa sisa makanan yang belum tersapu sepenuhnya, namun bukan berarti harus menyikat gigi dengan yang lama pula karena jika terlalu lama juga dapat mengikis email gigi dan mengiritasi gusi.
  • Jangan gunakan sikat gigi berbulu kasar

    Bila anda menggunakan Bulu sikat yang keras dan kaku akan merusak email gigii. Jadi Pastikan bulu sikat yang anda gunakan adalah bulu sikat yang rapi dan tidak keluar dari barisan serta mempunyai bulu yang lembut dan halus.
  • Pilih sikat gigi dengan kepala sikat yang kecil

    Kenapa harus kepala sikat yang kecil? karena Ukuran kepala sikat yang sesuai dengan rahang akan membuat gigi lebih bersih karena dapat menjangkau bagian terdalam gigi. Jadi lebih baik gunakan lah sikat gigi yang dapat terjangkau kesemua sela gigi anda agar ketika menyikat kotoran yang ada di gigi akan tersapu bersih.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Menyikat Gigi?

Waktu yang tepat untuk menyikat gigi yang telah dianjurkan adalah saat pagi hari dimana sesudah anda melakukan sarapan dan pada saat malam sebelum tidur. kenapa demikian? karena pada saat tidur, tidak ada produksi ludah. Akibatnya, jika ada sisa makanan, akan membuat bakteri dan kuman aktif. Sisa makanan yang mengandung asam dan gula akan melemahkan enamel gigi dan meningkatkan risiko gigi berlubang. Makanya jangan pernah malas untuk menyikat gigi saat mau tidur dan ajarkan pula kegiatan ini kepada anak anak anda.

Berkumur dengan Mouthwash

Selesai menyikat gigi, lengkapi dengan berkumur dengan mouthwash yang mengandung antiseptik. Ini berguna untuk melindungi gigi dari plak. Pada mulut yang sedang mengalami masalah, misalnya luka pada gusi dapat menggunakan mouthwash yang mengandung antibiotik. Jadi kegunaan dari mouthwash ini sebagai pelengkap setelah anda melakukan sikat gigi. keduanya sama sama penting.

MengKerok Lidah

Mungkin hal ini masih jarang dilakukan bagi sebanyak orang. namun pada dasarnya pada Permukaan lidah berbentuk seperti “bukit lembah” yang berarti ada celah-celah pada permukaan lidah yang perlu dibersihkan.Oleh karena itu Kotoran tidak akan hilang jika dengan hanya berkumur. Cara membersihkannya adalah dengan mengerok permukaan lidah menggunakan sikat gigi atau alat khusus untuk mengerok lidah. INGAT!! jangan kerok menggunakan benda tajam.

Batasi Konsumsi Gula dan Asam

Mulai saat ini dan seterusnya cobalah membatasi makanan dan minuman yang mengandung gula dan asam seperti permen, cokelat, atau soft drink dll. Karena Karbohidrat sederhana yang terkandung di dalamnya sangat disukai bakteri. Bakteri akan membuat plak yang akan mengubah gula menjadi asam. Asam dapat mengikis enamel gigi dan membuat gigi berlubang. Dan coba lah batasi juga pada anak anak anda karena umumnya anak-anak sangat suka dengan makanan yang manis-manis. Bila anda atau anak anda makan yang manis-manis sempatkan lah untuk menyikat gigi setelah makan itu.

Batasi  Kopi dan Teh

Kenapa harus dibatasi? ya kopi dan teh meruakan minuman umum pagi kita semua karena aromanya yang nikmat dan juga memiliki citarasa yang khas. Namun taukah anda Kandungan tannin yang terkandung pada teh dan kopi dapat mengubah warna lapisan luar gigi atau enamel. Pewarna pada minuman berwarna lain, seperti wine, sirup atau minuman bersoda juga dapat menimbulkan noda pada gigi. Noda akan mudah terbentuk pada permukaan gigi yang kasar yang disebabkan karena plak atau anatomi gigi yang tidak rata. Sebenarnya bukan tidak boleh kita mengkonsumsi teh ataupun kopi namun harus tetap dengan takaran yang dan juga semestinya jangan terlalu berlebih.

Jauhi  Yang Namanya ROKOK!!

Rokok saat ini menjadi salah satu hal yang penting bagi kebanayakan orang dari yang tua, dewasa,muda bahkan remaja baik yang wanita ,dan juga pria telah mengkonsumsi rokok . Walaupun tidak semua namun sudah kebanyakan yang menjadi perokok. Pada hal sudah sanagt jelas bahaya yang akan anda dapatkan kalau anda pengguna rokok. Pada saat menghisap rokok, asap rokok dan jutaan zat kimia lain yang terdapat pada sebatang rokok akan masuk dalam mulut dan memengaruhi jaringan dan organ yang ada dalam mulut, termasuk gigi.
Asap panas rokok juga akan mengurangi produksi ludah yang menyebabkan bau mulut, menyebabkan mulut menjadi kering dan menjadikan kondisi mulut menjadi tempat yang nyaman untuk berkembangbiaknya bakteri.
Efek lain dari merokok yaitu:
•    Perubahan warna gusi, gigi dan bibir menjadi lebih gelap
•    Karies gigi mudah terbentuk
•    Meningkatkan risiko kanker mulut
•    Mulut jadi beraroma rokok
makanya jauihilah yang namanya rokok karena rokok akan berbahaya bagi perokok aktif itu sendiri dan juga berbahaya bagi orang-orang yang ada disekitar anda juga. Makanya lebih baik kita hidup sehat dan kata kan tegas pada diri kita saudara kita teman kita dan juga anak-anak kita untuk jauhi yang namanya rokok. KATAKAN TIDAK PADA ROKOK!!!!!!

Jangan gunakan Pemutih Gigi

Demi mendapatkan gigi yang putih dan menunjang penampilan sebagian orang lebih memilih cara yang praktis dengan menggunakan pemutih gigi. pada hal Efek negatif, dari penggunaan pemutih gigi adalah gusi menjadi lebih sensitif. Maka, jika ingin melakukan pemutihan gigi, cek apakah gusi Anda sehat dan aman untuk melakukan prosedur tersebut.
Pemutih gigi yang ada di pasaran seperti pemutih pada odol, strip atau kuas dapat digunakan jika kandungannya dibawah 3% dan kandungan pemutih bernama hydrogen peroksida. Teliti juga apakah produk tersebut memiliki izin dari badan kesehatan.

Periksakan Gigi

Yang terakhir adalah periksakan gigi anda. Sakit atau tidak, sebaiknya Anda rutin mengunjungi dokter gigi 6 bulan sekali. Tujuannya adalah untuk memeriksa kesehatan gigi dan mulut. Jika tidak ada masalah, Anda dapat membersihkan karang gigi. jangan pernah malas untuk memeriksakan gigi anda ke dokter.

Diatas merupakan penjelasan tentang bagaimana Cara Merawat Gigi dan Mulut dengan Benar semoga bisa bermanfaat dan bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari guna mendapatka hasil yang maksimal dan gigi kita pun menjadi sehat , bersih dan juga kuat. Tetap jaga terus kesehatan kita dan kebersihan kita karena bersih merupakan sebagian dari iman dan sehat menjadi awal dalam kita mencari kebahagiaan.




Demikianlah Artikel Cara Merawat Gigi dan Mulut dengan Benar

Sekianlah artikel Cara Merawat Gigi dan Mulut dengan Benar kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Merawat Gigi dan Mulut dengan Benar dengan alamat link https://infosehat-95.blogspot.com/2016/04/cara-merawat-gigi-dan-mulut-dengan-benar.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Merawat Gigi dan Mulut dengan Benar"

Posting Komentar